Home » Lifestyle » 4 Alasan Perlunya Susu Penambah Berat Badan Anak 2 Tahun Wajib Orang Tua Ketahui

4 Alasan Perlunya Susu Penambah Berat Badan Anak 2 Tahun Wajib Orang Tua Ketahui

4 Alasan Perlunya Susu Penambah Berat Badan Anak 2 Tahun Wajib Orang Tua Ketahui

Usia dua tahun merupakan masa keemasan bagi si buah hati untuk mendapatkan kelengkapan nutrisi di masa pertumbuhannya. Biasanya, si kecil selalu bergerak aktif dan mulai berani mengeksplorasi lingkungannya.

Hal tersebut menyebabkan orang tua cemas jika si kecil sulit makan yang berakibat pada berkurangnya berat badan. Anda tidak perlu cemas karena susu penambah berat badan anak 2 tahun bisa menjadi alternatif terbaik untuk membuat berat badan si kecil menjadi ideal sesuai usianya.

Namun, sebelum Anda beranjak untuk membeli kebutuhan susu penambah berat badan. Anda perlu mengetahui penyebab si kecil memiliki berat badan kurang ideal.

Apa Saja Penyebab si Kecil Membutuhkan Asupan Susu Penambah Berat Badan Anak 2 Tahun

Kebutuhan asupan nutrisi lengkap sangat membantu tumbuh kembang si kecil ketika memasuki usia 2 tahun. Maka dari itu, tidak jarang berat badan ideal sesuai usia menjadi panduan orang tua untuk mengindikasikan bahwa si kecil sehat.

Namun, pada kenyataannya tidak selalu berat badan menjadi pertimbangan sehat tidaknya si kecil. Tetapi, Anda perlu mengetahui beberapa penyebab si kecil butuh asupan susu penambah berat badan berikut:

  1. Kebiasaan Makan si Kecil Terlalu Buruk

Ketika si kecil menginjak usia 2-5 tahun, ia mulai bisa menentukan pilihan makanan kesukaannya. Hal ini sudah bagus karena si kecil dapat menunjukkan tumbuh kembangnya. Tetapi di lain sisi, kebiasaan tersebut dapat menyebabkan masalah karena konsumsi makanan yang dipilih oleh si anak belum tentu sehat.

Terkadang masalah terjadi ketika si kecil mulai suka pilih-pilih makanan, bosan atau tidak fokus saat makan. Keadaan tersebut dapat menjadi salah satu alasan bagi si anak perlu mendapatkan susu penambah berat badan.

Perlu Anda ketahui bahwa picky eater atau pemilih dalam makanan dapat menyebabkan gangguan pada tumbuh dan kembang anak karena makanan yang dipilih tidak sehat. Anda dapat membuat pilihan konsumsi makanan yang tepat untuk si kecil yaitu, sehat dan disukai oleh si buah hati.

  1. Berat Badan Tidak Sesuai dengan Umurnya

Pada umumnya, anak berusia 2 sampai 5 tahun memiliki berat badan yang disesuaikan dengan usianya. Angka perhitungan tersebut merupakan kisaran nilai yang direkomendasikan oleh pihak puskesmas maupun standar kesehatan. Maka dari itu, banyak orang tua yang beranggapan bahwa berat badan dan usia yang masuk dalam kisaran angka yang direkomendasikan mengindikasikan si balita sehat.

Jika ditemukan balita memiliki ukuran berat badan di bawah angka yang disarankan, biasanya pihak orang tua maupun puskesmas memberikan susu penambah berat badan. Pemakaian susu tersebut dijadikan sebagai salah satu asupan nutrisi pendamping makanan dan ASI. Pemberian susu penambah berat badan untuk balita juga perlu takaran tertentu. Apabila Anda memberikan terlalu banyak asupan susu dapat menyebabkan si kecil menjadi terlalu kenyang yang dapat menyebabkannya tidak mau makan.

  1. Kondisi Mental Anak Terganggu

Maksud dari gangguan mental adalah kondisi anak sedang bosan atau tidak mood untuk makan. Hal tersebut dapat menyebabkan berat badan si kecil menjadi merosot atau berkurang. Sebelum Anda memberikan si kecil asupan susu tambahan, pastikan Anda sudah berkonsultasi terlebih dahulu dengan pihak dokter.

Selain itu, Anda dapat menanyakan perihal si kecil bosan makan atau bertindak kurang menyenangkan. Setelah itu, Anda dapat menawarkan solusi untuk mengajaknya berjalan-jalan menuju lokasi tertentu selama beberapa hari liburan.

Kebutuhan asupan susu penambah berat badan bisa Anda berikan, apabila si kecil masih suka moody tidak makan. Tidak hanya itu, Anda dapat menambah asupan bergizi lain untuk mengembalikan berat badan sesuai angka yang disarankan.

  1. Lingkungan Kurang Mendukung

Usia anak yang beranjak bertambah harus melewati fase bermain dan mencari informasi baru di lingkungan sekitarnya. Tentunya, Anda sudah tidak asing apabila si kecil menyukai kegiatan mencoret-coret dinding dan berjalan di atas batu. Hal tersebut dilakukan karena sifat si kecil yang selalu merasa ingin tahu.

Namun, sebagian orang tua melarang si kecil untuk mengeksplorasi diri, hal tersebut bermaksud agar si buah hati tidak mengalami kecelakaan karena tingkah lakunya yang terlalu penasaran.

Pelarangan tersebut juga berlaku pada makanan yang dikonsumsi oleh si kecil yang dapat menyebabkan keingintahuan terhadap sesuatu menjadi lebih berkurang. Kebiasaan tersebut dapat menyebabkan si kecil enggan untuk mencoba berbagai macam makanan yang tersaji di depannya.

Tentunya, hal ini dapat menyebabkan berat badan si kecil menjadi berkurang dan fisiknya berubah kurus. Untuk mencegah hal itu terjadi, Anda dapat memberikan si kecil asupan nutrisi tambahan berupa susu penambah berat badan anak 2 tahun. Tambahan susu tersebut dimaksudkan agar si kecil dapat tumbuh dan berkembang dengan berat badan sesuai usianya.