Home » Others » Cara Membuat Daftar Isi Otomatis untuk Skripsi

Cara Membuat Daftar Isi Otomatis untuk Skripsi

Cara Membuat Daftar Isi Otomatis untuk SkripsiDaftar isi adalah bagian penting dari sebuah penyusunan penulisan seperti buku atau makalah. Daftar isi berguna agar pembaca bisa dengan cepat mengetahui halaman yang akan dibaca. Jika Anda mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi, berikut adalah cara membuat daftar isi otomatis.

  1. Menerapkan Heading

Lakukan konfigurasi pada Heading agar mudah mengatur tiap bab pada dokumen. Pertama blok judul bab Anda, klik pada menu Home dan pilih Styles pada Heading 1 lalu klik kanan dan pilih Modify. Atur tampilan yang Anda inginkan karena Heading 1 yang akan digunakan sebagai judul bab. Jika sudah sesuai keinginan klik ok.

  1. Buat Daftar Sub-Bab

Langkah selanjutnya, karena setiap bab ada anak judul maka pilih Heading 2. Blok semua sub-bab Anda lalu di menu Home klik Styles dan pilih Heading 2. Klik kanan pada Heading 2 kemudian pilih Modify. Untuk Heading 1 akan digunakan sebagai sub-bab maka dari itu silahkan Anda atur tampilannya sesuka Anda.

  1. Membuat Anak Sub-Bab

Cara membuat daftar isi otomatis selanjutnya dengan menambahkan anak sub-bab. Pada sub-bab juga memiliki poin penting yang lebih detail seperti poin 1.1.1, maka dari itu lakukan konfigurasi pada Heading 3. Caranya blok semua sub-bab Anda dan pada menu Home klik Styles kemudian pilih Heading 3. Klik kanan lalu pilih Modify pada Heading 3.

Sama seperti langkah sebelumnya, karena di Heading 1 akan digunakan sebagai judul untuk anak sub-bab. Atur dan kostumisasi sesuai yang Anda perlukan. Jika Anda sudah menerapkan Heading dari judul, sub-bab, maupun anak sub-bab, maka Anda perlu menyesuaikan setiapnya di halaman dokumen Anda.

  1. Memasukkan Posisi Daftar Isi

Selesai mengatur Heading, buatlah daftar isi otomatis dengan mudah. Sediakan satu halaman khusus untuk daftar isi Anda lalu letakkan kursor di halaman tersebut. Pilih menu References lalu klik kiri pada Table of Contents. Anda dapat memilih secara bebas bentuk dari daftar isi yang diinginkan. Jika Anda berhasil akan muncul daftar isi yang sudah dibuat otomatis

  1. Mengedit dan Menghapus Daftar Isi

Untuk mengedit, Anda dapat melakukannya secara manual. Arahkan kursor pada area daftar isi yang ingin Anda ubah. Jika update mayor mempengaruhi perubahan letak dokumen, cukup edit dengan cara manual.

Cara mengedit yaitu, update untuk nomor halaman dengan pilih kolom table of contents pada dokumen daftar isi. Pilih update page number only kemudian klik ok. Perbarui semua daftar isi dengan mengklik kolom pada table of contents di dokumen halaman daftar isi. Pilih update entire tables kemudian Anda pilih ok.

  1. Tambahkan Nomor Halaman

Pastikan Anda membuat nomor halaman pada dokumen Anda. Tambahkan halaman dasar dengan penomoran melalui tombol page number di tab Insert. Pilih lokasi di bottom of page dan tunjuk salah satu style yang Anda sukai. Jika sudah selesai klik close header and footer. Bisa juga dengan mengklik dua kali pada header dan footer,

Berikut tadi adalah cara membuat daftar isi otomatis bagi Anda yang ingin mengerjakan skripsi. Sebenarnya dalam membuatnya dapat dilakukan sebelum atau sesudah Anda membuat dokumen. Segalanya tergantung keinginan dan efektivitas dalam pembuatan daftar isi tersebut.