Home » Lifestyle » Ibu, Begini Cara Berkomunikasi dengan Anak Laki-Laki yang Efektif

Ibu, Begini Cara Berkomunikasi dengan Anak Laki-Laki yang Efektif

Ibu, Begini Cara Berkomunikasi dengan Anak Laki-Laki yang EfektifTak sedikit orangtua yang belum mengerti bahwa berkomunikasi dengan anak perempuan dan laki-laki rupanya membutuhkan cara yang berbeda. Terlebih bagi anak laki-laki yang umumnya memiliki sifat lebih tertutup dalam hal berkomunikasi. Karena itulah, dibutuhkan trik cara berkomunikasi dengan anak laki-laki yang efektif membuat mereka lebih terbuka kepada orangtua terlebih Ibu.

Berikut ini cara berkomunikasi yang bisa Anda coba terapkan kepada anak laki-laki, terutama yang sedang memasuki usia pra-remaja atau puber.

Pilih Waktu yang Tepat

Ketika Anda ingin mengobrol dengan anak laki-laki, hal pertama yang perlu Anda perhatikan adalah timing atau kapan waktu yang tepat untuk memulai membuka pembicaraan dengannya.

Daripada mengajaknya berbicara ketika ia sedang berada dalam kondisi lelah seperti saat pulang sekolah atau pulang dari bermain, Anda dapat membuka pembicaraan di waktu-waktu yang lebih santai. Karena mengobrol di waktu yang santai berpotensi untuk membuat ia merasa lebih terbuka, pembicaraan pun akan mengalir dengan sendirinya.

Buat Obrolan Lebih Sederhana

Tak perlu bertele-tele dan berbicara panjang lebar, Anda dapat memadatkan bahasa Anda ke dalam poin-poin penting yang ingin Anda sampaikan kepadanya. Selain itu biarkan anak memberikan respon ketika Anda berbicara, karena cara ini dapat membuat anak merasa lebih didengar sehingga mau untuk mendengarkan setiap perkataan Anda.

Hindari Bahasa yang Menggurui

Cara berkomunikasi dengan anak laki-laki memang terbilang susah-susah gampang. Anda perlu melakukan beragam cara agar ia mau mendengarkan perkataan Anda, salah satunya dengan menghindari bahasa yang terkesan menggurui dirinya.

Meskipun Anda memang sedang mengarahkan dan mengajarkan ia suatu hal, namun jangan gunakan bahasa atau nada yang terkesan menggurui karena akan berpotensi untuk membuat anak enggan mendengarkan Anda.

Tak Perlu Selalu Kontak Mata

Anak laki-laki umumnya tidak menyukai kontak mata dengan Anda ketika berbicara. Untuk itu, Anda dapat mencoba berbicara dengannya sembari melakukan beragam aktivitas fisik atau kegiatan yang ia sukai.

Berikan Kepercayaan Anda

Selain hal diatas, Anda juga perlu memastikan bahwa Anda berada di pihak sang anak. Berikan kepercayaan Anda, bahwa Anda berada di pihaknya dan percaya dengan sang anak. Dengan memberikan kepercayaan Anda kepadanya, ia akan merasa lebih nyaman, aman, dan dapat memberikan feedback yang Anda inginkan.

Memahami Pendapat Mereka

Ketika akhirnya sang anak mau memberikan respon atas apa yang telah Anda sampaikan, ada baiknya untuk tak menyanggah atau menyangkal pendapatnya karena tidak sesuai dengan pandangan Anda. Tetap hargai pendapat mereka dan bimbinglah melalui diskusi ringan dengan pembicaraan yang santai.

Struktur Otak Anak Laki-Laki Berbeda Dari Anak Perempuan

Ukuran otak laki-laki yang lebih besar dari perempuan membuat kemampuan motoriknya lebih kuat. Sambungan saraf otak laki-laki yang berbeda yakni dari depan ke belakang, juga berpengaruh dalam meningkatkan pemahaman nalarnya. Sehingga tak heran jika cara berkomunikasi yang efektif dengan anak laki-laki berbeda dengan anak perempuan.

Itulah cara berkomunikasi dengan anak laki-laki yang dapat Anda coba terapkan. Semoga membantu!