Home » Kesehatan » Susu Nutrisi untuk Orang Tua Baik untuk Kesehatan, Benarkah Demikian?

Susu Nutrisi untuk Orang Tua Baik untuk Kesehatan, Benarkah Demikian?

Susu Nutrisi untuk Orang Tua Baik untuk Kesehatan, Benarkah Demikian?

Selama ini kebiasaan minum susu identik dengan anak karena dapat menunjang tumbuh kembang. Nyatanya, para orang tua atau lansia tetap perlu minum susu sebagai sumber makanan yang baik. Lalu, Seberapa pentingkah minum susu nutrisi untuk orang tua? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Pentingnya Minum Susu untuk Orang Tua

Susu merupakan salah satu minuman sumber kalsium dan vitamin D. Tubuh membutuhkan kedua nutrisi tersebut untuk memperkuat tulang. Kalsium berperan untuk memperbaiki kesehatan tulang orang tua. Sementara vitamin D berguna untuk membantu penyerapan kalsium pada tubuh.

Kekurangan vitamin D bisa membuat tulang lebih kurus dan rentan patah tulang. Padahal, proses pembentukan tulang baru juga bisa terhenti saat tubuh kekurangan vitamin D. Selain itu susu juga memiliki manfaat lain susu nutrisi untuk orang tua yang tidak kalah pentingnya untuk menjaga kesehatan, antara lain:

1. Menjaga Tekanan Darah

Pola makan lansia saat ini memang tinggi garam tetapi menghilangkan nutrisi penting, salah satunya adalah kalium. Sebaliknya, garam berlebih tetapi kekurangan kalium dapat menyebabkan hipertensi atau tekanan darah tinggi, yang meningkatkan risiko penyakit jantung, ginjal, dan stroke.

Perhatikan jumlah garam harian dan minum susu nutrisi secara teratur untuk memenuhi kebutuhan kalium para lansia agar terhindar dari tekanan darah tinggi. Hal ini disebabkan, tubuh orang tua lebih rentan terhadap berbagai penyakit, karena penurunan sistem kekebalan tubuh.

2. MenJaga Kepadatan Tulang

Seiring bertambahnya usia, kemampuan tubuh untuk membuat vitamin D menurun. Dengan begitu penyerapan kalsium akan menurun. Kekurangan kalsium dapat menyebabkan pengeroposan tulang, terutama pada lansia.

Sesuai dengan Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 75 Tahun 2013 tentang Rasio Kecukupan Gizi. Dianjurkan mengonsumsi 1000 mg kalsium per hari untuk orang berusia di atas 50 tahun, baik pria maupun wanita. Salah satu cara untuk memenuhi kebutuhan kalsium Anda adalah dengan mengonsumsi susu nutrisi.

3. Menjaga Kesehatan Otak

Hasil studi University of Kansas Medical Center yang diterbitkan oleh The American Journal of Clinical Nutrition menemukan bahwa konsumsi susu berkorelasi positif dengan peningkatan jumlah antioksidan yang disebut glutathione di otak.

Glutathione membantu mencegah stres oksidatif, yang biasa disebabkan radikal bebas yang berlebih pada tubuh. Kondisi tersebut sering menjadi penyebab banyak masalah kesehatan neurodegeneratif (penyakit progresif dan saraf), termasuk penyakit Alzheimer.

4. Tingkatkan Massa Otot

The Journal of Nutrition mempublikasikan hasil studi Food for Health Ireland (FHI) yang melibatkan 60 peserta berusia 50 hingga 70 tahun. Studi tersebut menunjukkan adanya peningkatan massa otot pada lansia yang mengonsumsi protein susu saat sarapan dan makan siang.

Mengingat begitu pentingnya susu nutrisi untuk orang tua. Sangat dianjurkan untuk rutin mengonsumsi susu setiap harinya. Selain itu, mengonsumsi makanan bernutrisi lain juga tetap harus dilakukan, untuk mendapatkan nutrisi lain yang tidak ada pada susu.