Home » Kesehatan » Tips Memilih Suplemen Pelancar ASI yang Aman Dikonsumsi

Tips Memilih Suplemen Pelancar ASI yang Aman Dikonsumsi

Tips Memilih Suplemen Pelancar ASI yang Aman DikonsumsiAsupan gizi dan nutrisi ibu menyusui yang tercukupi merupakan pelancar ASI yang paling efektif maka dari itu ibu menyusui membutuhkan nutrisi yang lebih banyak yaitu 500 kkal pada 6 bulan pertama dan 400 kkal pada 6 bulan berikutnya. Untuk mendapatkan asupan gizi yang cukup bisa mengonsumsi makanan yang sehat ataupun dengan mengonsumsi suplemen pelancar ASI.

Cara Memilih Pelancar ASI

Apabila anda memiliki masalah produksi ASI, anda bisa mengonsumsi suplemen khusus yang dapat membantu meningkatkan produksi ASI namun pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu karena beberapa suplemen dapat memberikan efek samping agar tidak memberikan dampak negatif pada anda dan bayi. Cara memilih suplemen ibu menyusui untuk melancarkan ASI yaitu :

  1. Periksa bahan-bahannya

Anda harus memeriksa bahan-bahan yang terkandung dalam suplemen untuk memastikan apakah bahan tersebut aman dan mencari tahu apakah suplemen tersebut mampu memperlancar ASI. Beberapa kandungan yang umumnya ada dalam suplemen ibu menyusui yaitu :

  • Fenugreek dan daun katuk

Fenugreek dan daun katuk dikenal sebagai bahan yang dapat memperlancar dan meningkatkan produksi ASI. Fenugreek merupakan sebuah rempah-rempah dari daerah Timur Tengah yang bermanfaat untuk kesehatan. Fenugreek kaya akan kandungan yang baik yaitu mangnesium, zinc, natrium, kalsium, kalium, zat besi, mangan, asam folat, dan vitamin B. Selain melancarkan produksi ASI, fenugreek juga dapat melancarkan pencernaan dan metabolisme.

Selain fenugreek, daun katuk juga sudah lama dipercaya dapat memperlancar produksi ASI karena dapat meningkatkan produksi hormon oksitosin dan prolaktin. Keduanya sama-sama dapat meningkatkan hormon pada masa laktasi bersamaan dengan zat papaverine yang ada pada daun katuk.

  • Kalsium dan vitamin D

Kalsium dan vitamin D dapat menjaga kepadatan tulang. Kandungan ini juga dapat mencegah risiko osteoporosis setelah melahirkan. Kalsium dan vitamin D juga bisa didapatkan dengan mengonsumsi susu khusus ibu menyusui namun apabila tidak menyukai susu berkalsium bisa mengonsumsi suplemen.

  • Vitamin C

Kandungan vitamin C pada suplemen dapat menjaga kondisi ibu tetap fit selama menyusui. Ibu menyusui seringkali terbangun tengah malam karena bayi yang rewel dan lapar. Agar stamina ibu tidak menurun dan tetap sehat, ibu membutuhkan asupan vitamin C yang cukup untuk menjaga sistem imun sehingga tidak mudah sakit.

  • Asam folat

Bayi akan menyerap kandungan asam folat dari ibu padahal asam folat dibutuhkan untuk membantu pembentukan sel-sel baru. Ibu menyusui disarankan untuk konsumsi asam folat sebanyak 500 mg sehari untuk membantu pembentukan sel darah merah secara normal. Selain dari suplemen, asam folat juga bisa didapatkan di telur, alpukat, brokoli, bayam, dan kacang-kacangan.

  1. Pilih suplemen yang mudah dikonsumsi

Ukuran dan bentuk suplemen penting karena akan dikonsumsi dalam beberapa bulan ke depan. Pilih suplemen pelancar ASI yang mudah dikonsumsi. Anda juga bisa memilih suplemen yang tidak harus dikonsumsi dalam jumlah banyak dalam sehari. Setidaknya pilih suplemen dengan maksimal konsumsi 3 kali sehari atau kurang. Anda juga bisa memilih suplemen serbuk agar lebih mudah dikonsumsi dibandingkan tablet.

  1. Bebas bahan tambahan

Nutrisi yang anda konsumsi tentu akan diserap oleh bayi atau bisa daja disalurkan melalui ASI. maka dari itu pilihlah suplemen pelancar ASI yang aman dan bebas bahan tambahan seperti pengawet, perasa, dan pewarna karena akan lebih aman bagi anda dan juga bayi dan mencegah risiko timbulnya efek samping.